6 Tips Membeli Rumah Pertama yang Harus Kamu Tahu

Memiliki rumah adalah impian semua orang. Berencana memiliki rumah pertama? Cek tips membeli rumah pertama yang wajib kamu ketahui berikut:

Rumah merupakan kebutuhan primer semua orang. Tak heran banyak yang rela menabung untuk membeli rumah pertama. Dikarenakan kebutuhan primer yang penting, tak heran dalam membeli rumah pertama, diperlukan pertimbangan yang matang agar kamu tidak sampai salah melangkah. 

Jika kamu memiliki rencana membeli rumah pertama, simak tips membeli rumah pertama yang wajib kamu ketahui tersebut:

Baca juga: Cara Membuat Kebun Tanaman Hidroponik Mudah di Rumah

Tips Membeli Rumah Pertama

1. Skor Kredit

Skor kredit menjadi faktor penting jika kamu berencana membeli rumah pertama melalui program KPR. Skor kredit sendiri merupakan suatu penilaian kredit yang menjadi sistem atau cara yang dipakai oleh suatu lembaga pemberi pinjaman atau bank dalam menentukan layak tidaknya si calon peminjam menerima pinjaman dari lembaga tersebut. Jadi, pastikan pada saat hendak mengajukan KPR untuk membeli rumah pertama kamu telah memiliki skor kredit yang baik. 

Untuk memiliki skor kredit yang baik, pastikan kamu tidak melakukan keterlambatan dalam membayar hutang atau kredit yang kamu miliki. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki rasio hutang yang tak melebihi dari 30% penghasilanmu.

Budget Membeli Rumah Pertama

2. Anggaran

Tips membeli rumah pertama selanjutnya adalah menentukan dan menyiapkan anggaran. Jika kamu menggunakan program KPR, jangan hanya persiapkan dana untuk uang muka saja. Pertimbangkan juga dana-dana untuk anggaran lainnya seperti pajak, asuransi, hingga pemeliharan rumah dan perabot-perabot yang kamu perlukan untuk rumah pertamamu nanti.

Selain itu, selalu siapkan dana darurat tambahan di luar dana untuk membeli rumah pertama untuk kebutuhan mendadak yang tak terduga sehingga kelak tidak mengganggu proses pembelian rumah pertamamu.

3. Menentukan Kebutuhan Rumah

Membeli rumah pertama haruslah sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, karena rumah ini mungkin akan kamu tempati dalam jangka waktu yang lama, pertimbangkan juga kemungkinan-kemungkinan kebutuhan di masa yang akan datang setidaknya 5 hingga 10 tahun kedepan sehingga kamu tidak perlu merasa tidak nyaman akan hunianmu karena ukurannya atau jumlah ruang yang dimiliki sudah tidak lagi sesuai dengan kebutuhanmu. Atau, kamu juga bisa mempertimbangkan kemungkinan apakah rumah pertamamu kelak bisa direnovasi guna memenuhi kebutuhanmu di masa yang akan datang.

Rumah di Bintaro

4. Lokasi Rumah Pertama

Dalam memilih rumah, termasuk rumah pertama, lokasi merupakan faktor penting yang tak boleh luput dari perhatian. Pastikan lokasi dari rumah pertama tak hanya dekat dengan berbagai fasilitas publik yang dibutuhkan, tetapi juga dekat atau setidaknya mudah diakses dari lokasi-lokasi dimana kamu paling banyak beraktivitas sehari-hari, misalnya lokasi kantor tempatmu bekerja.

5. Pilih Developer yang Terpercaya

Tak jarang dalam membeli rumah pertama, banyak yang akhirnya dirugikan oleh pengembang atau developer yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, tips membeli rumah pertama selanjutnya adalah dengan memilih developer yang telah teruji pengalamannya. Kamu bisa mengecek latar belakang pengembang, termasuk proyek perumahan apa saja yang pernah dikembangkan dan bagaimana hasilnya hingga meminta referensi dari orang-orang sekitar yang pernah membeli rumah di pengembang tersebut.

6. Jangan Terburu-buru

Tips membeli rumah pertama selanjutnya adalah tidak perlu terlalu terburu-buru. Pastikan kamu melakukan riset mendalam mengenai kebutuhan rumah, rumah, hingga pengembang dan sediakanlah tenggat waktu untuk menyiapkan dana yang pas. Jangan pula malas dalam meminta referensi serta pendapat dari orang-orang sekitar yang telah berhasil membeli rumah pertama.

Baca juga: Mengenal Ciri & Karakteristik dari Rumah Sehat yang Wajib Kamu Tahu

Itulah berbagai tips membeli rumah pertama yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli rumah pertama. Salah satu tips membeli rumah pertama yang penting adalah memilih developer yang terpercaya. Jika kamu masih bingung mencari pengembang terpercaya yang menyediakan produk perumahan yang sesuai kebutuhanmu, cek Bintaro Jaya sekarang juga. Telah mengembangkan berbagai kluster perumahan di kawasan Bintaro, Bintaro Jaya tak hanya terpercaya, tapi juga menyediakan banyak opsi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu saat ini!

FIND YOUR NEWS/ ARTICLES

  • arrow
  • arrow