Berita
5 Langkah Membersihkan Rumah agar Bebas dari Kotoran dan Kuman

 

Untuk membuat rumah terasa nyaman, memperhatikan desain dan dekorasi tidaklah cukup. Kebersihan rumah yang terjaga juga memegang peranan penting untuk membuat rumah terasa nyaman untuk dihuni. Selain itu, menjaga kebersihan rumah juga bisa membuat hunianmu menjadi rumah sehat yang tak hanya bebas dari kotoran tapi juga kuman serta bakteri penyebab penyakit. Jadi, pastikan cara membersihkan rumah yang kamu lakukan tetap dan benar.

Tak perlu khawatir rumah kotor atau cara membersihkan rumah salah karena kamu bisa membersihkan serta mensterilkan rumah dengan lima langkah mudah berikut!

Baca juga: Ciri & Karakteristik Rumah Sehat yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Membersihkan Rumah

1. Siapkan perlengkapan dan proteksi diri

Saat hendak membersihkan rumah, jangan hanya persiapkan alat-alat untuk membersihkan saja. Pertimbangkan juga untuk menyiapkan perlengkapan untuk proteksi diri, apalagi jika kamu membersihkan ruangan yang telah terkontaminasi seperti kamar yang sebelumnya digunakan oleh anggota keluarga yang sakit. Pastikan kamu menggunakan masker dan sarung tangan sebelum membersihkan rumah yang kotor.

Peralatan bersih-bersih

2. Mulai dengan membersihkan sampah dan debu

Langkah selanjutnya agar rumah terbebas dari kotoran adalah membuang sampah-sampah atau menyingkirkan terlebih dahulu barang-barang yang sudah tak terpakai sehingga rumah lebih mudah dibersihkan. Kemudian, sapu semua debu yang kotoran yang ada di rumah baru dilanjutkan dengan mengepel. Pastikan setiap sudut-sudut ruangan bahkan yang sulit dijangkau sekalipun tak luput dari sapuanmu, ya.

3. Desinfeksi ruangan

Kini, rumah sudah bebas dari debu dan kotoran. Namun, bukan berarti rumah telah bebas dari kuman serta bakteri yang bisa menjadi sumber penyakit. Untuk itu, langkah membersihkan rumah selanjutnya adalah desinfeksi ruangan dengan desinfektan. Kamu bisa membeli cairan desinfektan khusus untuk mengepel atau mengelap rumah atau membuatnya sendiri dengan campuran alkohol yang memiliki kadar minimal 70%. Atau kamu juga bisa mencampurkan 1 liter air dengan 4 sendok makan pemutih pakaian sebagai alternatif cairan desinfektan untuk membersihkan rumah. 

Gunakan cairan ini untuk membersihkan ulang seluruh bagian rumah dan kini rumah tak hanya bersih dari kotoran namun juga steril dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Mencuci kain

4. Membersihkan dekorasi dan perabot ruangan berbahan kain

Selain ruangan, pastikan juga perabot dan dekorasi yang ada di rumah juga tak luput dari dua langkah membersihkan rumah yang telah kamu lakukan sebelumnya. Tapi, bagaimana dengan dekorasi atau perabot berbahan kain seperti tirai jendela, sprei, ataupun bantal? Untuk benda-benda berbahan kain, kamu bisa mencucinya seperti biasa namun gunakanlah air hangat dan cairan pembersih khusus yang bisa mensterilkan kain tersebut.

5. Bersihkan juga perlengkapan bersih-bersih

Meskipun rumah kini sudah bersih, jangan lupakan juga alat-alat kebersihan yang telah kamu gunakan karena peralatan ini kini telah terkontaminasi kotoran serta kuman. Untuk itu, akhir bersih-bersih rumah dengan membersihkan perlengkapan kebersihan dengan jangan lupa lakukan desinfeksi yang sebelumnya telah kamu lakukan pada ruangan, ya.

Baca juga: Cara Membuat Kebun Tanaman Hidroponik di Rumah

Dengan melakukan lima langkah sederhana tersebut, cara membersihkan rumah yang kamu lakukan tak hanya akan membebaskan rumah dari kotoran dan debu tapi juga kuman-kuman penyebab penyakit. Tips membersihkan rumah lainnya yang bisa kamu aplikasikan adalah membuka semua jendela dan bukaan lainnya selama bersih-bersih untuk membantu menjaga sirkulasi udara agar udara yang kotor akibat bersih-bersih tidak menumpuk di dalam ruangan.

Terakhir, jangan lupa untuk rutin melakukan ritual bersih-bersih rumah ini, ya!
 

Explore Bintaro Jaya

Marketing Gallery

Logo

Boulevard Bintaro Jaya
Blok B7/C2 No.1 Bintaro Jaya Sektor 7,
Tangerang 15224

Phone : +62(21)7454545 www.bintarojaya.id