Berita
7 Langkah Membuat Kebun Tanaman Hidroponik di Rumah dengan Lahan Terbatas

 

Memiliki rumah dengan lahan terbatas bukan berarti menjadi hambatan untukmu bisa memiliki kebun sayuran sendiri. Kini, membuat kebun tanaman hidroponik di rumah tak hanya menjadi sekedar tren, tapi juga solusi untuk kamu yang ingin berkebun namun memiliki keterbatasan lahan. Terlebih lagi, cara membuat kebun tanaman hidroponik terbilang cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

Tertarik hadirkan kebun hidroponik di rumah? Yuk, simak cara membuat kebun tanaman hidroponik di rumah dengan lahan terbatas dengan langkah-langkah sederhana berikut:

Cara Membuat Kebun Tanaman Hidroponik

1. Persiapkan alat dan bahan

Untuk membuat kebun tanaman hidroponik di rumah, bahan-bahan yang kamu perlukan antara lain pipa paralon berukuran 3 inci dengan panjang sesuai kebutuhan, sambungan pipa paralon, penutup ujung pipa paralon, serta selang air, gelas plastik, pompa air kecil (yang biasa digunakan untuk akuarium). Sedangkan, peralatan yang kamu harus persiapkan untuk membuat kebun tanaman hidroponik adalah bor listrik, gergaji kecil, serta lem pipa. Jangan lupa, persiapkan pula bibit tanaman yang hendak kamu tanam, ya.

2. Potong dan lubangi pipa paralon

Setelah bahan-bahan dan perlengkapan untuk membuat kebun tanaman hidroponik lengkap, langkah pertama adalah dengan memotong panjang pipa paralon dengan panjang sesuai dengan ukuran lahan yang kamu miliki. Potong pipa paralon menjadi beberapa bagian sesuai dengan tinggi rak yang telah dipersiapkan sebelumnya dan juga luas lahan.

Setelah itu, cara membuat kebun tanaman hidroponik selanjutnya adalah dengan menlubangi pipa paralon dengan ukuran diameter sesuai dengan ukuran gelas plastik agar gelas plastik nantinya bisa dimasukkan ke dalam lubang tersebut.

3. Menyambungkan semua pipa paralon

Langkah untuk membuat kebun tanaman hidroponik selanjutnya adalah dengan menyambungkan rangkaian pipa paralon di atas rak dengan bentuk menurun bak tangga. Pada salah satu ujung pipa teratas tutup dengan menggunakan penutup paralon, sedangkan pada ujung satunya sambungkan ke pipa paralon di bagian bawahnya dengan penyambung pipa paralon. 

Lakukan hal ini sampai pipa yang paling bawah. Pada ujung pipa paling bawah, letakkan ember atau wadah untuk menampung air yang nantinya akan mengalir. 

4. Instalasi pompa air

Kini kamu sudah memiliki media untuk menanam hidroponik, langkah selanjutnya untuk membuat kebun tanaman hidroponik di rumah adalah dengan menginstalasi pompa air untuk menciptakan aliran air yang nantinya akan mengisi media tanam kebun hidroponik. 

Caranya cukup isi ember dengan air yang penuh, pasang pompa air untuk menyedot air yang ada di embel dan dengan selang alirkan air tersebut ke ujung pipa yang paling atas. Pastikan debit air tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak serta arus yang dimilikinya juga tidak terlalu kencang.

Cara menanam tanaman hidroponik

5. Persiapkan bibit tanaman

Media tanam hidroponik milikmu sudah siap, cara membuat kebun tanaman hidroponik di rumah selanjutnya adalah mempersiapkan bibit tanaman. Jika tanaman masih berupa biji, tanamlah terlebih dahulu biji di media tanam pot hingga biji bertunas dan berukuran cukup besar untuk dipindahkan ke media tanam hidroponik. 

6. Memindahkan bibit tanaman ke media tanam hidroponik.

Ketika bibit tanaman sudah berukuran cukup untuk dipindahkan ke media tanam hidroponik, langkah selanjutnya adalah dengan meletakkan gelas-gelas plastik yang telah dilubang-lubangi ke dalam lubang pipa paralon dan letakkan bibit ke dalam gelas plastik. Gelas plastik ini berfungsi untuk memastikan posisi benih tanaman tidak terseret arus air.

7. Perawatan

Selanjutnya, kamu hanya perlu melakukan perawatan dengan rutin mengganti air media tanam beberapa hari sekali dan tambahkan juga pupuk tanaman cair untuk menambah nutrisi kepada tanaman. Pantau pertumbuhan tanaman dan kini sayuran siap dipanen!

Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Baca juga: 3 Destinasi Taman Kota di Bintaro untuk Akhir Pekan Menyegarkan

Tak sulit bukan memanfaatkan lahan terbatas untuk hadirkan kebun sayuran di rumah meskipun rumahmu memiliki lahan terbatas. Instalasi ini bisa kamu buat di teras ataupun balkon rumah ruang terkena sinar matahari langsung. Siap mencoba sendiri cara membuat kebun tanaman hidroponik di atas?

Namun, jika kamu sedang mencari rumah dengan halaman rumah yang cukup luas? Cek langsung Bintaro Jaya untuk temukan berbagai pilihan hunian dengan berbagai ukuran dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan!

Explore Bintaro Jaya

Marketing Gallery

Logo

Boulevard Bintaro Jaya
Blok B7/C2 No.1 Bintaro Jaya Sektor 7,
Tangerang 15224

Phone : +62(21)7454545 www.bintarojaya.id